Bapenda Himbau WP Tertib Pajak

PALEMBANG  —  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumsel terus berupaya menggenjot capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017 dengan menerjunkan tim yang turun langsung ke daerah untuk memastikan pajak daerah benar-benar dibayarkan oleh wajib pajak (WP).

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, Marwan Fansuri mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan daerah selain dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), salah satu upaya yang dilakukan pihaknya saat ini yakni menerjunkan tim di lapangan khususnya UPTB yang tersebar di 17 kabupaten/kota terus dimonitor agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk menagih pajak daerah.

“Seperti pajak kendaraan alat berat, pajak bahan bakar kendaraan bermotor dan pajak air permukaan, serta pajak lainnya untuk peningkatan PAD provinsi Sumsel,” ucapnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (11/7).

Khusus pajak air permukaan, lanjut Marwan, merupakan pajak atas pengambilan dan atau pemanfataan air permukaan. Yang dipergunakan WP dalam kegiatanya memanfatkan air permukaan.

“Kami imbau agar WP yang mempergunakan air permukaaan bersumber dari sungai, rawa, danau dan gunung tersebut, segera setiap bulannya untuk tertib dan disiplin serta taat membayar pajak dan menyampaikan laporannya ke Bapenda Sumsel melalui Kantor UPTB Bapenda,” ujarnya.

Ditambahkan, mengingat pemanfaatan air permukaan tersebut dikenakan pajak PAP permeter kubik sebesar Rp450 bagi pihak ketiga atau swasta. “Untuk harga dasar air yang digunakan BUMN/BUMD yang memberikan pelayanan publik hanya Rp100 permeter kubik,” tukasnya.(Dee)



Pendapatan Harian